Minum Jamu: Lestarikan Budaya Indonesia dan Hidup Sehat

Jamu adalah produk ramuan tunggal atau campuran dari bahan alam yang digunakan untuk pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit, pengobatan penyakit, pemulihan kesehatan, kebugaran dan kecantikan. Jamu adalah produk ramuan tunggal atau campuran dari bahan alam yang digunakan untuk pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit, pengobatan penyakit, pemulihan kesehatan, kebugaran dan kecantikan. 


Penggunaan jamu dimulai sejak zaman pra-sejarah, bukti sejarah yang mendukung asal usul jamu di Indonesia dapat ditelusuri melalui penemuan peralatan batu dari zaman Mesolithikum dan Neolithikum berupa lumping yang telah digunakan oleh nenek moyang untuk memperoses makanan dan jamu.



Data artefaktual di bidang pengobatan ditemukan pada relief Karmawipangga pada candi Borobudur, relief candi Brambang komplek candi Prambanan yang dibangun sekitar abad 8-9 Masehi, juga candi Panataran, Sukuh dan Tekalwangi. Relief pada candi Borobudur menggambarkan pembuatan jamu menggunakan pipisan untuk perawatan kesehatan dengan pemijatan dan penggunaan ramuan jamu atau Saden Saliro. 

Sejak abad 5 Masehi, bukti tertulis mengenai penggunaan jamu dalam pengobatan ditemukan pada naskah atau primbon. Terbukti dengan adanya prasasti candi Perot tahun 772 Masehi, Haliwangbang tahun 779 Masehi, dan Kadadu tahun 1216 Masehi. Penggunaan jamu dan resep-resep jamu dalam pengobatan juga ditemukan pada daun lontar menggunakan bahasa jawa kuno, Sansekerta dan Bahasa Bali. 

Lontar yang ditulis dengan menggunakan bahasa bali yaitu: Usada atau Lontar Kesehatan pada tahun 991 - 1016 Masehi. Berbagai prasasti lainnya pada sekitar abad 13 Masehi mendukung bukti sejarah penggunaan jamu. Pada prasasti tersebut banyak memuat profesi dibidang kesehatan antara lain terdapat pada prasasti Madhawapura yang menyebutkan profesi Acaraki atau peracik Jamu.


59% Orang Indonesia Minum Jamu, Anda?
Seperti dilansir oleh kompas.com ternyata 59 persen penduduk Indonesia rajin mengonsumsi jamu. Mereka yang meminum sebanyak 95,6 persen merasakan manfaatnya bagi kesehatan. Karena itu, industri jamu harus terus didorong, baik oleh masyrakat maupun pemerintah

Demikian dikatakan Ketua Gabungan Pengusaha Jamu Indonesia Charles Saerang, dalam acara media gathering, yang diselenggarakan PT Sinde Budi Santoso, di Jakarta, Selasa (12/6/2012).


"Di tengah serbuan beragam obat kesehatan modern, jamu hadir sebagai salah satu produk unggulan nasional, yang mendapat sambutan positif masyarakat. Potensi pasar domestik bisa mencapai Rp 25 triliun per tahun," katanya.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, nilai impor obat tradisional dan herbal sepanjang tahun 2011 tercatat 40,5 juta dollar AS. Amerika, Malaysia, dan Korea Selatan menjadi tiga negara terbesar pemasok obat tradisional dan herbal di pasar domestik.

Trend masyarakat yang semakin senang mengonsumsi obat herbal, termasuk jamu, harus ditangkap sebagai peluang usaha bagi petani di Tanah Air. Hal tersebut dikarenakan bahan baku pembuatan jamu, sebagian besar hingga saat ini masih didatangkan dari luar negeri atau impor. Ayo minum jamu!


Jenis-jenis Jamu

Salah satu warisan budaya Indonesia yang masih bertahan hingga saat ini adalah jamu. Minuman obat sehat dengan racikan asli Indonesia ini mungkin masih menjadi pilihan bagi masyarakat tradisional di samping makin maraknya produk obat-obatan yang bermunculan di Indonesia.


Meski sudah banyak jamu kemasan dari pabrik yang hadir di pasaran, namun banyak juga yang jamu-jamu racikan alami yang masih digemari di pasaran. Yuk kenali jamu-jamu alami dan manfaatnya yang mantap bagi kesehatan.


  • Kunyit Asam
Apakah Anda punya masalah dengan haid? Coba deh ramuan herbal alami kunyit asam. Rasanya segar dan mampu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan seperti panas dalam. Selain itu juga berfungsi untuk menurunkan berat badan lho.


  • Jamu Gepyokan
Jamu yang satu ini biasanya disarankan para calon mertua pada menantu wanitanya. Hal ini karena manfaat jamu gepyokan yang mampu menjaga kuantitas air susu ibu. Bahan alami di dalamnya biasanya dibuat dari kencur, jahe, daun katu, dan sebagainya. Alami dan baik bagi kesehatan.

  • Jamu Cabe Lempuyang
Bila Anda mengalami pegal linu di daerah pinggang, boleh juga mencoba jamu cabe lempuyang ini. Terbuat dari cabe jamu dan rimpang lempuyang, jamu pegal linu itu bisa mengatasi masalah kesemutan dan capek-capek di badan.

  • Beras Kencur
Jenis jamu yang satu ini adalah yang paling populer di kalangan masyarakat. Biasanya sih, orang-orang meminumkan beras kencur pada anak mereka agar lebih nafsu makan,. Komposisi alaminya terbuat dari beras, kencur, jahe dan gula merah. Bahan-bahan lain adalah biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulogo dan lain-lain. Khasiatnya selain menambah nafsu makan juga untuk membuat tubuh lebih bugar dan meredakan pegal-pegal.

  • Paitan
Banyak yang tidak suka dengan jenis jamu ini. Padahal jamu ini justru baik untuk kesehatan. Kandungan alaminya berupa sambiloto dan brotowali. Meski pahit, bila Anda mau meminumnya secara rutin, maka jamu ini bisa memerangi berbagai penyakit seperti kolesterol. Selain itu khasiat pahitnya bisa membersihkan darah dan menghilangkan jerawat.

  • Kunci Sirih 
Bagi wanita, jamu yang satu ini mungkin sudah sangat akrab. Jamu yang mampu mengatasi bau badan dan mengencangkan perut ini biasanya dibuat dari daun kunci dan daun sirih. Biasanya juga ditambahkan kencur dan sebagainya. Tentu saja jamu ini juga punya manfaat baik bagi kesehatan organ intim Anda.


Manfaat Jamu
Dibalik rasanya yang pahit ternyata jamu memiliki banyak manfaat yang sungguh luar biasa, terutama untuk kesehatan. Biasanya rasa pahit itu yang menjadikan orang tidak suka minum jamu. Padahal minum jamu sangat bagus untuk tubuh. Lalu, apa sajakah manfaat jamu? Berikut ini adalah rangkumannya.




  • Mengencangkan Wajah yang Kusut
Tiriskan rendaman beras lalu haluskan bersama kunyit dan bangle, campur dengan air mawar hingga mengental. Usapkan ke wajah setiap malam sebelum tidur seperti menggunakan masker, diamkan selama 15 – 30 menit. Basuh dengan air hangat. Lakukan rutin niscaya Anda akan mendapatkan wajah yang kencang, segar, dan awet muda.


  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu jenis jamu, yaitu temulawak, memiliki kandungan utama protein, karbohidrat, dan minyak atsiri, yang terdiri dari kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumi. Temulawak dapat menurunkan kolestrol, meningkatkan nafsu makan, dan meningktkan daya tahan tubuh.

  • Jamu Merapatkan Vagina
Ambil satu biji buah pinang, kupas dan hancurkan. Masukkan dalam gelas dan tuang dengan air panas setengah gelas. Tunggu sampai air menjadi hangat lalu diminum. Bisa ditambah gula jawa atau gula putih untuk mengurangi rasa sepet-nya. Diminum 1 jam sebelum bersenggama. Konon, khasiatnya bisa menambah kemesraan dan tentunya kelanggengan serta keharmonisan pasangan suami istri.


  • Menghilangkan Bekas Luka
Tiriskan beras dan tumbuk halus bersama kencur. Usapkan pada bekas luka dan lakukan rutin selama 2 minggu. Niscaya bekas luka akan hilang.


  • Penambah Darah
Jamu ini baik sekali dikonsumsi oleh perempuan yang tengah menstruasi, yaitu untuk mencegah kekurangan darah serta menghindari keluhan letih dan lesu. Cuci bersih tangkai daun pepaya muda, tambahkan temu ireng lalu tumbuk hingga halus. Beri segelas air matang lalu saring. Minum sehari sekali selama periode menstruasi atau setelahnya. Alhasil, Anda akan mendapatkan tubuh yang segar, bugar, dan enerjik.

Jamu adalah salah satu minuman warisan nenek moyang asli Indonesia. Oleh karena itu, mari lestarikan budaya kita agar tetap bertahan dan bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti.


Berikut ini adalah video tentang betapa pentingnya melestarikan jamu sebagai budaya Indonesia :


di 07.44

37 komentar untuk "Minum Jamu: Lestarikan Budaya Indonesia dan Hidup Sehat"

  1. Minuma jamu sangat menyehatkan bagi tubuh selain itu jamu banyak mengandung zat alami yang dapat menjauhkan berbagai penyakit.

    BalasHapus
  2. minum jamu memang menyehatkan sih, tp ane gasuka minum jamu gan ^_^
    soalnya pait.
    kunbal dr ane :D http://eleysonc.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun pahit, tapi manfaat nya itu benar-benar hebat gan, bagus untuk tubuh :)

      Hapus
  3. ane sering minum jamu, tapi itu dulu gann,, sekarang udah jarang,, yang paling ane sukai adalah jamu beras kencur sama kunir asem,,

    www.ankurniawan.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Wah ternyata jamu banyak manfaatnya, makasih ya gan infonya :D

    BalasHapus
  5. wew jamu emang joos gandos!!!
    Nice share

    BalasHapus
  6. Jadi inget zaman dulu gan, masih banyak yang jual jamu

    Minuman Khas Indonesia memang harus dilestarikan

    Bice share gan

    BalasHapus
  7. lama ane hampir nggak pernah minum jamu nih

    BalasHapus
  8. aku belum pernah nyoba gan, tapi kapan2 mau lah biar selalu sehat.

    nice post gan,
    kunbal y http://slashkygitaris.blogspot.com/

    BalasHapus
  9. kunjungan pertama gan .
    mari kita lestarikan minuman warisan nenek moyang asli Indonesia. :D

    BalasHapus
  10. Gue termasuk penggemar jamu beras kencur
    http://iklan-disini-gratis.blogspot.com/

    BalasHapus
  11. Ane masih inget gan, waktu kecil ane suka minum jamu buyung upi :D

    BalasHapus
  12. Wah.. jamu banyak juga ya gan khasiatnya.. Insya Allah mau minum deh :D

    BalasHapus
  13. Mau coba minum jamu ah.. Makasih ya gan infonya ^_^

    BalasHapus
  14. makasih ya gan , pencerahannya sangat bermanfaat bagiku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan, makasih juga ya kunjungannya :)

      Hapus
  15. wah oke bnget lah gan, mkasih gan :)

    BalasHapus
  16. wahh keren gan artikel'a bahas tentang jamu
    saya suka banget jamu, apalagi beras kencur

    BalasHapus
  17. Wew, ikut nyimak aja om

    WWW.KAISARGAMING.ID GAME ONLINE TERPERCAYA | SPORTBOOK | SABUNG AYAM | SEXY LIVE CASINO | TEMBAK IKAN | SLOTS GAME

    1 ID bisa untuk main ratusan permainan
    minimal deposit/withdraw hanya Rp.20.000

    Hubungi kami :
    Whatsapp (WA) : +85585875998
    BBM ID / Pin : KaisarG
    Line ID : kaisargaming
    www.kaisargaming.id

    Special Promo Kaisar Gaming

    Bonus Promo :
    Bonus First Deposit 100%
    Jackpot Sabung Ayam 100%
    Bonus Next Deposit 10%
    Bonus Cashback 5%
    Bonus Turn Over 1%
    Bonus Top-up (Special in Kaisar Gaming)

    Berita sabung ayam, Perawatan ayam aduan Dan Join Sabung Ayam Disini:
    Sabung Ayam

    untuk baca berita tentang game online terkini bisa klik disini :
    Seputar Game Online di Indonesia

    tips cara menang :
    Tips dan Trick Bermain Game Online Berbayar Agar Selalu Menang Klik Disini

    Agen Terbaik Sepanjang masa yang rela memberikan tips bermainnya agar selalu menang
    Mengupas tuntas tentang judi Online agar selalu menang klik disini

    untuk baca berita terkini tentang Sepak Bola Dan Olahraga lainnya bisa klik disini :
    Berita Sepak Bola dan Sport Yang Selalu Update

    Banyak Promo Game Online nih disini :
    VOCHER GAME ONLINE GRATIS !!!!

    Banyak Promo nih buat yang suka Gaming :
    Suka Main Game Online

    mau diskusi dan jual beli ayam ? bisa kunjungi aja website dibawah ini :
    Forum diskusi dan Jual Beli

    BalasHapus