Pulau Komodo, Keajaiban Dunia Kebanggaan Indonesia

Pulau Komodo adalah sebuah pulau unik milik  Indonesia yang terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang didalamnya terdapat sebuah hewan purba yang masih hidup hingga kini, yaitu Komodo. Secara geografis, di bagian sebelah timur, Pulau Komodo berbatasan dengan Pulau Sumbawa. Pulau Komodo dan Pulau Sumbawa terpisahkan oleh Selat Sape.

Sebuah kebanggaan bagi Bangsa Indonesia memiliki Pulau Komodo, mengapa? Karena Pulau Komodo berhasil menyita perhatian dunia dengan diraihnya gelar The New 7 Wonders of Nature  atau 7 Keajaiban Dunia Terbaru pada tahun 2011 yang lalu.

Bagi Anda yang gemar bepergian, Anda pasti tak ingin melewatkan objek wisata yang mengesankan di seluruh penjuru nusantara. Berpetualang ke pulau-pulau yang eksotis, menyelami birunya laut, dan bermandikan cahaya mentari akan membuat liburan Anda tak terlupakan. Bayangkan, Anda juga berkesempatan untuk melihat jejak-jejak kehidupan masa lalu yang terpelihara, sekaligus berperan serta menjaga kelestariannya. 

Anda dan keluarga tak hanya betah menikmati wisata alamnya, tetapi juga bangga menjadi bagian dari ragam keindahan Indonesia. Pulau Komodo merupakan tempat yang sangat tepat bagi Anda yang menyukai wisata alam. Selain itu masih banyak daya tarik untuk pulau ini yang wajib dikunjungi, antara lain:

  • Satu-satunya pulau di dunia yang memiliki kadal terbesar yaitu komodo
  • Pada perairan di pulau ini terdapat perairan bawah air
  • Dasar laut perairan komodo merupakan dasar laut terbaik di dunia
  • Di permukaan laut banyak terdapat dataran kering yang berbentuk karang

Pulau Komodo

Berbicara tentang Komodo itu sendiri. Saat ini, diperkirakan ada sekitar 2.500 ekor Komodo yang masih bertahan hidup. Jumlah yang cukup banyak, mengingat Komodo adalah hewan yang sudah hidup sejak zaman purbakala. Karena telah mengalami berbagai zaman, Komodo diperkirakan akan sulit mengalami kepunahan dengan adanya perubahan iklim.

Yang dikhawatirkan bisa menjadi penyebab kepunahan Komodo adalah ulah manusia, misalnya pencurian kayu dan binatang-binatang yang menjadi makanannya. Oleh karena itu, mari kita lestarikan dan jaga sebaik-baiknya salah satu kekayaan fauna bangsa ini agar tetap terlestarikan dengan baik.

Terlepas dari hal tersebut, keunikan dan kelangkaan hewan purba Komodo beserta habitatnya tidak dipungkiri telah memukau dunia internasional dan menjadi magnet tersendiri bagi ribuan wisatawan asing dari seluruh dunia untuk datang ke Pulau Komodo. Total pengunjung pertahun tercatat lebih dari 20.000 orang yang mengunjungi salah satu situs warisan dunia ini.

Perlu Anda ketahui, berwisata ke Pulau Komodo dapat melalui jalur darat, laut, dan udara. Wisatawan dapat datang dengan menumpang kapal pesiar atau kapal-kapal penyeberangan lainnya. Wisatawan juga bisa datang melalui  jalan darat dengan menumpang bus atau kendaraan sewaan melalui Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat dan selanjutnya dengan menumpang boat menuju kawasan TNK. Atau melalui udara dengan menumpang pesawat yang setiap harinya terbang dari dan ke Labuan Bajo.

Yang dapat Anda lihat dan lakukan:

  • Memerhatikan tingkah laku para komodo; cara makan, berburu mangsa, cara jalan dll.
  • Mengagumi keanekaragaman satwa juga tetumbuhan di kepulauan komodo.
  • Berenang dan snorkeling di Pantai yang airnya jernih dan pasir yang kemerahan di tambah ribuan ikan dan karang birunya.
  • Mengunjungi desa tradisional untuk melihat gaya hidup yang berbeda dari yang Anda.
  • Kebanyakan penduduk setempat hanya dapat berbicara dalam bahasa daerah dan bahasa Indonesia.
  • Ikutilah tur yang diadakan biro jasa untuk menghemat waktu, uang dan energi
  • Bawalah krim tabir matahari, pakaian yang nyaman, kacamata hitam, juga topi atau penutup kepala.

komodo8      pantaimerah0      1435268p

KOMODOO      paket wisata pulau komodo, wisata pulau komodo dan rinca       paket wisata pulau komodo, wisata pulau komodo dan rinca

kalonga             

rinca1d      sebayur2       sebayur4

ko3       ko4     ko9

ko7      ko9      ko8

seraya112     Wisata Pulau Komodo dan Flores     paket wisata pulau komodo, wisata pulau komodo dan rinca


Indahnya Pink Beach

Adakah pantai yang pasirnya halus berwarna merah muda, airnya jernih berwarna biru tua dan muda, dengan ombak tipis dan karang yang memikat, selain di Bahama? Pantai itu bernama Pink Beach. Saya berkesempatan seharian menikmati pantai dengan segala keindahan dan keunikannya ini.

Dalam literatur wisata bahari, ada tujuh pantai berpasir warna pink di dunia, salah satunya di Pulau Komodo. Taman Nasional Komodo (TNK), Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Para wisatawan lokal menyebutnya dengan Pantai Merah. Turis manca negara menyebutnya Pink Beach.

Pantai ini memang indah dan unik. Hamparan pantai dengan latar belakang air laut bergradasi biru, perbukitan hijau, langit biru cerah, awan putih bergumpal- gumpal, matahari yang cerah, dan hamparan pasir berwarna pink. Itulah keistimewaan yang dimiliki pantai ini.

Daya tarik berikutnya adalah, di Pink Beach tidak ada bangunan apa-apa dan tidak dihuni satu penduduk pun. Pantainya kosong. Sebuah pantai tak bertuan.Yang ada hutan hijau, tebing, bukit dan hempas halus ombak pantai dengan panorama pink yang menawan.

Nama Pink Beach ternyata cukup tersohor di kalangan wisatawan manca negara, khususnya Kanada, yang senang berwisata bahari. Pasalnya pantainya berpasir halus dan berwarna merah muda.

Pulau Komodo NTT : Indah dan Uniknya Pink Beach

Warna
Bagi para turis, ada semacam keyakinan bahwa terjadinya warna pink pada pasir itu berasal dari pipe corral atau terumbu karang berbentuk pipa yang mati secara alami kemudian hancur menjadi butiran halus pasir berwarna merah muda. Proses itu diperkirkan terjadi ratusan tahun lalu. Bahkan ada yang memperkirakan ribuan tahun lalu.

Tapi ada juga pendapat warna merah pada pasir di Pink Beach dikarenakan perubahan warna pada pasir, karena hewan mikroskopik semacam amuba, bernama Foraminifera yang memproduksi warna merah atau pink terang pada karang. Warna pada karang ninilah akhirnya ikut memberi warna pada pasir yang kemudian tersapu ombak hingga ke pantai.


Sejauh ini memang masih perlu penelitian dan kajian. Karena tak jauh dari area Pink Beach, pantainya tidaklah berarna pink, bahkan teramat sulit mencari sebutir pasir berwarna pink. Pantainya berpasir putih biasa. Mengapa pipe coral tak mencapai pantai di sekitarnya? Mengapa hewan mikroskopik yang memproduksi warna pink dan merah sampai ke pantai sebelahnya?

Pantai yang nyaman dan terasa hening itu memang memiliki pasir yang unik. Ada pasir berwarna merah di antara pasir putih. Bila datang ombak menyapu pasir dan menariknya, maka warna pasir tersebut berubah menjadi pink tua. Butiran pasirnya  halus dan empuk.Bila bertelanjang kaki di atasnya sungguh nikmat. Kadang kita merasa berjalan di atas tumpukan sekam untuk pencuci piring. Kadang bagai merasa di atas tumpukan tepung.


Bersnorkeling
Para turis baik lokal maupun mancanegara mengaku, disamping pantainya yang indah dan unik, Pink Beach juga merupakan salah satu tempat wisata bersnorkeling. Hamparan lautnya yang tenang, air lautnya yang jernih, dengan aneka terumbu karang di bawahnya menjadi surga para pesnorkeling dan pediving.




Aneka ikan hias yang berenang di terumbu penuh warna sungguh menggoda siapapun untuk berenang,bersnorkeling dan diving. Panoramanya pun indah. Pantai ini berlatar belakang perbukitan yang memang tak sulit didaki. Bentuk bukitnya ada yang menyerupai stupa.

Di pantai ini selain asyik berfoto, berjemur, berenang, atau sekadar rehat-rehat juga cocok untuk dijadikan tempat menenangkan hati.Susana pantai yang alami dan terjaga. Tidak ramai dan komersil, bisa melupakan kepenatan dan kemusut pikiran selama kita seharian bekerja.

Tujuan Wisatawan
Pantai yang unik dan alami ini memang menyedot banyak perhatian. Wisatawan manca negara dan lokal memang sudah mulai ramai berkunjung ke sini. Sebagaian besar untuk menikmati ke unikan pantai dan suasana sepi, alami dan tidak komersial itu. Yang utama tentu saja untuk bersnorkeling dan diving.

Jangan lupa, Pink Beach memang sudah menjadi ”buruan” perusahaan besar untuk dijadikan objek atau latar/ilustrasi iklan produk mereka. Di pihak lain, Pink Beach dijadikan tujuan utama bagi para rumah wisata bahari dalam dan luar negeri sebagai tempat untuk senorkeling dan diving.

Wisatawan biasanya berkunjung di bulan Juni dan Juli. Karena bulan itu, saatnya liburan panjang dan musim panas. Tidak akan ada curah hujan. Jadi tidak mengganggu perjalanan. Atau kegiatan menyelam dan berenang.

Namun sebagai lokasi tujuan para wisatawan, Pink Beach memang terkendala infrastruktur yang belum memadai. Bukan saja permasalahan speed boat atau kapal nelayan yang harus disewa dengan mahal bila ingin ke Pink Beach, tapi transportasi darat dari Bandara Komodo ke Labuan Bajo terganggu dengan kondisi jalan yang banyak berlubang. Kualitas aspal yang buruk membuat jalan darat sulit dilalui kendaraan roda empat dengan lancar dan nyaman.


Peta Pulau Komodo
Walaupun Anda sudah mengetahui Pulau Komodo terletak di Nusa Tenggar Timur, namun ada baiknya Anda memperhatikan peta berikut ini untuk mengetahui lokasinya secara lebih detail dan mengetahui tempat-tempat menarik yang ada di sekitar Pulau Komodo.


                                                                                                      Lihat Peta Lebih Besar

Tersedia penerbangan setiap hari dan untuk tujuan Bali-Labuan Bajo atau Bandara Pulau Komodo-Bali yang masing-masing menghabiskan waktu 1,5 jam. Setiap hari ada 2 sampai 3 penerbangan dari Bali ke Labuan Bajo dengan Transnusa, IAT (Indonesia Air Transport), dan Merpati. 

Selain itu, terdapat penerbangan dua kali seminggu dari Kupang. Perahu motor yang menghubungkan antarpulau dari Sape di Nusa Tenggara Barat juga tersedia setiap harinya bila cuaca memungkinkan, atau kapal PELNI dari Bali dan Lombok berhenti di sini setiap dua minggu.

Transportasi darat dari Timur yaitu di dataran utama Flores seperti, Ruteng, Bajawa, Ende, dan Maumere juga tersedia. Jika Anda tertarik untuk melakukan perjalanan jauh di Flores, Anda dapat mulai dari Maumere ke barat seperti, Moni, Kelimutu, Ende, Bena, Bajawa, Ruteng, dan terakhirLabuan Bajo (Pulau Komodo) atau dengan perjalanan pulang pergi.

Tahukah Anda?
Kemenangan Komodo sebagai The New 7 Wonders of Nature adalah kebanggaan luar biasa bagi bangsa Indonesia. Semangat untuk menjadikan Komodo sebagai New 7 Wonders of The World merupakan bagian dari impian untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat NTT. Namun terselip fakta menarik, propinsi yang alamnya luar biasa indah ini, ternyata merupakan propinsi termiskin ke-3 di Indonesia.

Harapan Untuk Pulau Komodo
Sebagai seorang pemuda, salah satu tugas terpenting saya adalah memajukan Bangsa Indonesia. Dengan diterbitkannya artikel ini, semoga dapat bermanfaat dan menyadarkan kita semua bahwa Negara Indonesia adalah negara yang besar dan kaya akan flora dan fauna. Maka dari itu, mari kita dukung apa saja yang dimiliki Indonesia, seperti Pulau Komodo ini agar tetap terjaga kualitasnya.

Mudah-mudahan Pulau Komodo bisa terlestarikan dengan baik dan semakin dikenal oleh dunia, serta semakin banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung kesana, agar nama Indonesia semakin berkibar di mata dunia. Karena, Pulau Komodo adalah keajaiban dunia kebangaan Indonesia.

Demikian ulasan yang bisa Saya sampaikan mengenai Pulau Komodo ini. Mohon maaf bila terdapat kekurangan. Semoga memberikan manfaat.
di 17.04

Belum ada komentar untuk "Pulau Komodo, Keajaiban Dunia Kebanggaan Indonesia"

Posting Komentar